Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Indonesia Terkini

latest

Responsive Ad

Tips and Trick Lolos menjadi Delegasi Internasional. Bimbingan Kuliah ke Luar Negeri

Gimana kabarnya nih? Semoga baik dan sehat selalu yaa! Kali ini aku mau sharing informasi menarik nih! Btw, kalian pasti sudah sering menden...

Gimana kabarnya nih? Semoga baik dan sehat selalu yaa!

Kali ini aku mau sharing informasi menarik nih!

Btw, kalian pasti sudah sering mendengar mengenai MUN?

Yup, MUN atau Model United Nations merupakan simulasi pertemuan PBB, yang dihadiri oleh perseta/pelajar dari berbagai negara. Umumnya, setiap peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tema yang akan dibahas. Setelah itu, peserta akan ditunjuk sebagai perwakilan dari sebuah negara.

Nah untuk dapat berpartisipasi dalam MUN tentunya tidak mudah dan ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum mendaftar hingga bisa lolos menjadi delegasi.

Penasaran kan apa aja sih tips and tricknya agar bisa lolos menjadi delegasi internasional?

So, without any further ado

Let's check this out!


Tips and Trick Lolos menjadi Delegasi Internasional




1. Research platform penyelenggara yang resmi

Hal yang perlu kamu cari tahu adalah apakah kegiatan yang kamu ikuti sudah memiliki alumni atau belum. Jika sudah, maka kamu bisa mencoba mencari informasi lebih lanjut pada alumni tersebut. Kamu bisa menanyakan atau sharing beberapa platform resmi.

Disclaimer : hindari pendaftaran melalui agensi travel.


2. Memperhatikan alur pendaftaran dan penyeleksian

Memahami hal-hal tersebut membantu kamu untuk bisa mempersiapkan persyaratan lebih baik. Jangan lupa juga memperhatikan tema yang diangkat. Pastikan jika tema yang nantinya dibahas adalah tema yang membuat kamu tertarik dan sesuai dengan passion kamu. Sehingga kamu bisa melakukan persiapan dengan lebih baik.


3. Prepare for the motivation letter/essay

Menulis essay atau motivation letter memerlukan waktu agar  dapat menghasilkan essay yang baik dan menarik serta sesuai dengan program yang akan kamu ikuti. Penulisan essay ini bisa memakan waktu selama satu sampai dua bulan loh!

Isi dari motivation secara umum antara lain seperti identitas dan SWOT diri, educational background, experience dan achievements yang diraih, skill yang dimiliki, alasan mendaftar dan plan kedepannya yang akan kamu lakukan jika sudah lolos menjadi delegasi.

 


4. Pantang menyerah is the key 

Banyak pejuang beasiswa yang gagal pada percobaan pertama mereka mendaftar ke beasiswa atau program ke luar negeri yang diinginkan. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat mereka putus asa. Mereka terus mencoba untuk mendaftar program-program lain agar bisa mewujudkan mimpi untuk ke luar negeri. Kegagalan pendaftaran sebelumnya dievaluasi dan menjadi pembelajaran agar di pendaftaran selanjutnya kesalahan yang sama tidak terulang. Nah, kamu sebaiknya juga demikian. Jangan menyerah hanya karena gagal lolos satu/dua program/beasiswa yaa!


5. Restu orang tua

Restu orang tua is an important thing nih! Jika kegiatan yang kamu lakukan tidak direstui orang tua, bisa jadi kamu akan gagal atau mengalami banyak rintangan. Nah, pasti kamu tidak mau hal ini terjadi sama kamu kan? Makanya jangan lupa untuk senantiasa minta restu orang tua, agar nantinya segala urusan kamu dilancarkan, serta bermanfaat bagi banyak orang. 











Recent Tabs